Wisata Jogja Candi Borobudur

Ingin berlibur ke Jogja tapi masih bingung mau mengunjungi destinasi wisata apa? Sempatkan waktu ke Candi Borobudur yang merupakan salah satu candi umat Budha terbesar yang ada di dunia. Objek wisata Jogja Candi Borobudur ini memiliki 16 teras dan 3 pelataran yang melingkar. Bagian dinding candi dihiasi dengan panel relief sebanyak 2.672 buah. Jumlah ini menjadikan Candi Borobudur sebagai candi dengan relief Budha yang terlengkap dan terbanyak di dunia.

Candi Borobudur semakin kelihatan megah karena memiliki stupa utama di bagian tengahnya dan menjadi mahkota candi. Candi juga dikelilingi dengan 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca Budha dengan posisi duduk bersila sempurna dan sikap tangan memutar roda dharma. Selain itu, lingkungan candi juga sangat bersih, sebab Candi Borobudur masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan umat Budha. Di mana, setiap tahunnya umat Budha memperingati hari Waisak di candi ini.

Dengan segala keistimewaan ini, tak heran jika Candi Borobudur menjadi objek wisata tunggal di tanah air yang paling banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegera. Lantas, apa aktivitas yang bisa dilakukan di objek wisata Jogja Candi Borobudur? Simak beberapa idenya berikut ini!

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Candi Borobudur

Di Candi Borobudur, para wisatawan tidak hanya sekadar dapat menikmati bangunan peninggalan sejarah dengan mati gaya. Sebab, di sini terdapat banyak sekali aktivitas seru dan asik yang bisa dilakukan, di antaranya:

  1. Bersepeda mengitari area Borobudur

Pemandangan di sekitar objek wisata Jogja Candi Borobudur tak boleh dilewatkan. Para wisatawan bisa menikmatinya dengan bersepeda menyusuri hijaunya area persawahan saat pagi dan sore. Ini bisa menjadi alternatif terbaik bagi wisatawan yang lelah berjalan kaki.

  • Menaiki kereta kelinci

Jika tidak ingin berjalan kaki atau bersepeda, menaiki kereta kelinci bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengelilingi area Candi Borobudur. Biasanya kereta ini dinaik rombongan wisatawan yang datang bersama keluarga atau buah hatinya.

  • Wisata kuliner

Jogja terkenal dengan kulinernya yang unik dan beragam, maka jangan lewatkan mencicipi kuliner khas Jogja di sekitar kompleks Candi Borobudur. Salah satunya jenis kuliner yang khas dan populer adalah Bakmi Jawa Borobudur yang sudah terkenal kelezatannya. Tenang saja, ada menu-menu lainnya yang juga bisa dinikmati bersama teman liburan, seperti tongseng jamur yang dapat menurunkan kadar kolestrol tubuh.

  • Menikmati Sunrise

Candi Borobudur juga menjadi tempat yang harus dikunjungi saat matahari terbit. Ada dua spot menarik yang paling asik untuk meikmati sunrise Borobudur, yaitu di puncak candi dan bukit Punthuk Setumbu yang berada di kompleks candi. Sinar matahari yang hangat menyapu tubuh akan membuat hormone bahagia meningkat dan akan menjadi memori berkesan yang tak terlupa.

  • Menikmati Sunset

Sebagai penutup hari yang panjang dari perjalanan wisata, menikmati sunset adalah salah satu cara terbaik. Para penikmat senja tidak boleh melewatkan jingganya langit di sekitar Candi Borobudur yang begitu indah.

  • Hunting foto

Satu aktivitas yang tak boleh terlewatkan adalah mengabadikan momen liburan di Candi Borobudur, baik dengan atau tanpa selfie. Aktivitas yang satu ini tidak boleh dilewatkan, karena setiap sudut candi merupakan hiasan yang tak tergantikan.

Itulah tadi beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di objek wisata Jogja Candi Borobudur. Mau perjalanan Anda lebih nyaman? Anda bisa gunakan rental mobil jogja lepas kunci. Selamat menikmati liburan!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>