Penelitian Kualitatif (Penjelasan Terlengkap)

Penelitian Kualitatif (Penjelasan Terlengkap)

Kriyantono menyatakan bahwa “penelitian kualitatif bertujuan untuk menjelaskan fenomena sebesar-besarnya melalui pengumpulan data yang mendalam.” Penelitian kualitatif menekankan pada kedalaman data yang diperoleh oleh para peneliti. Semakin dalam dan semakin rinci data yang diperoleh, semakin baik kualitas penelitian kualitatif ini.

Penelitian Kualitatif

Berbeda dengan kuantitatif, objek dalam penelitian kualitatif umumnya terbatas jumlahnya. Dalam studi ini, para peneliti berpartisipasi dalam peristiwa / kondisi yang dipelajari. Untuk alasan ini, hasil penelitian ini memerlukan analisis yang menyeluruh dari peneliti. Selain itu, hasil penelitian ini bersifat subjektif, sehingga tidak dapat digeneralisasi. Secara umum, penelitian kualitatif dilakukan melalui wawancara dan metode observasi. Melalui metode ini, peneliti akan menganalisis data yang diperoleh dari lapangan secara detail. Peneliti tidak dapat menyelidiki kondisi sosial yang diamati, karena semua kenyataan yang terjadi adalah unit yang terjadi secara alami. Hasil penelitian kualitatif juga dapat memunculkan teori atau konsep baru, jika hasil penelitian bertentangan dengan teori dan konsep yang sebelumnya digunakan sebagai studi penelitian. 1

Penelitian kualitatif jauh lebih subjektif daripada penelitian atau survei kuantitatif. Ini juga menggunakan metode yang sangat berbeda, bahkan ketika datang untuk mengumpulkan informasi, terutama individu, melalui wawancara mendalam dan kelompok fokus. Sifat dari jenis penelitian ini adalah penelitian terbuka dan eksplorasi, dan diakhiri dengan wawancara dalam sejumlah kecil kelompok yang diwawancarai secara mendalam.

Peserta diminta untuk menjawab pertanyaan umum, dan pewawancara atau moderator dari kelompok penelitian mengeksplorasi dengan jawaban mereka untuk mengidentifikasi dan menentukan persepsi, pendapat dan perasaan tentang ide atau topik yang dibahas dan untuk menentukan tingkat persetujuan dalam kelompok. Kualitas hasil penelitian kualitatif tergantung langsung pada kapasitas, pengalaman dan sensitivitas pewawancara atau kelompok moderator.

Jenis penelitian ini jarang dilakukan untuk survei, karena memerlukan biaya yang mahal, tetapi sangat efektif dalam memperoleh informasi tentang kebutuhan komunikasi dan tanggapan serta pandangan tentang komunikasi tertentu. Dalam hal ini, seringkali metode yang disukai dalam kasus-kasus di mana pengukuran kuantitatif atau survei tidak diperlukan.

Saat mengumpulkan data penelitian kualitatif, peneliti harus mendapatkan izin baik secara tertulis maupun lisan sehingga penyelidikan tidak melanggar standar yang mungkin dimiliki informan atau objek penelitian.

Penelitian di bidang sering dilakukan oleh sistem teknologi komunikasi dan audit staf profesional sebagai lembaga penelitian.

Caitlan

Leave a Reply